Jumat, 10 April 2015

MENGENAL AGAMA ISLAM



Secara etimologi Islam berasala dari kata As-salamu, yang artinya menyerahkan diri, pasrah, tunuk dan patuh. Kemudian, islam juga berasal dari kata As-salamu as-silmu yang artinya selamat, damai dan aman. Dan secara terminology islam adalah ajaran yang bersalah dari Alloh SWT yang di bawa oleh nabi Muhammad SAW dengan kitab sucinya adalah Al-quran.
Islam adalah agama rahmatan lilalamin, yaitu rahmat atau berkah bagi seluruh alam, baik itu alam manusia, alam binaatang, alam tumbuhan, maupun alam jin. Agama islam adalh agama penyempurna dari agama-agama sebelumnya yang di bawa oleh nabi sebelum nabi Muhammad SAW. Karena, di dlam kitab injil dan tauretpun kebenaran akan adanya rosul terakhir yaitu nabi Muhammad SAW dan ajaran agama yang di bawanya sudah di jelaskan dan sudah di benarkan. Akan tetepi, karena ulah jail tanggan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang telah berai merubah isi dari kitab sucinya sendiri (injil dan taurot) maka kebenaran akan adanya rosul akhir zaman dan agama islam mereka hilangkan hanya karena demi kepentingan pribadi ataupun kepentingan kelompok, yang padahal perbuatannya itu telah menyesatkan umat yang lainnya.
Kembali lagi kepada permasahan, di dalam islam kita mengenal dengan namanya rukun, atau suatu hal yang harus di penuhi dan menjadi ciri dari sahnya kita beragama islam. Rukun islam it ada 5 dan apa bila kita telah melaksanakan kelima hal tersebut maka sudah bisa di katakana kalu keislaman kita sempurna, akan tetapi, pada hakikatnya yangmempunyai kesempurnaan itu hanya Alloh SWT dan hanya Alloh pula yang bisa menilai seseorang telah sempurna dalam islamnya atupun belum.
Rukun yang pertama itu adalah SYAHADAT, membacakan dua kalimah syahadat merupan salah satu syarat kita masuk kedalam agama islam. Akan tetapi, dua kalimat syahadat ini tidak hanya untuk di baca tapi juga harus di yakini dan harus di inprestasikan di dalam kehidupan yang nyata. Karena, untuk apa kita membaca dua kalimat syahadat tapi hati kita tidak meyakininya itu hanya akan sia-sia saja apa lagi kalau kita tidak bisa menginterprestasikanya kedalam kehidupan sehari-hari kita tenu akan semakin sia-sia. Karena, ketika seseorang mengakui bahwa Alloh SWT itu adalah tuhannya dan nabi Muhammad SAW itu adalah nabinya atau tuntunannya tentu hatinya harus ikut terlibat untuk meyakini bahwa Alloh SWT adalah tuhannya dan nabi Muhammad SAW adalah utusan Alloh dan tuntunan bagi seseorang tersebut, dan jika dia hatinya telah yakin maka seharusnya perbuatan atau akhlaknya pun mencerminkan bahwa dia telah mengimani tuhannya alah Alloh dan nabina adalah Rosululloh Muhammad SAW. Dengan cara menjalankan semua peintah Alloh dan menjauhi larangannya, serta mencontoh dan mengamalkan sunah-sunah nabi Muhammad SAW.
Rukun yang kedua adalah SHOLAT, sholat merupakan bentuk eksistensi dari esensi keyakinan seseorang dalam beragama islam. Sholat merupakan ibadah yang akan pertama di Tanya atau di pertanggung jawabkan nanti di yaumul hisab atau hari perhitungan. Solat merupakan kebutuhan bagi setiap manusia yang menganut agama islam karena salah satu ciri yang membedakan seseorang yang beragama islam dengan orang yang beragama lain adalah ibadah sholat, dengan melaksanakan sholat hati kita akan menjadi lebih tenang karena pada saat kita sholat diri kita akan menjadi lebih dekat dengan Alloh SWT.
Rukun yang ke tiga adalah ZAKAT, didalam agama islam kita wajib mengeluarkan sebagian harta kita untuk orang lain yang membutuhkannya (mustahik Zakat), karena kita harus menyadari kalau harta yang kita miliki saat ini hanyalah titipan dari Alloh SWT. Kita tidak punya ha lebih atas semua harta kita, kita wajib mengeluarkan 2,5% dari keselruhan harta kita jika harta kita sudah memenuhi nishabnya. Dengan berzakat kita sudah membersihkan hati kita dari macam-macam sifat tercela yag salah satunya adalah tamak dan dengan berzakat pula kita sudah mempererat  tali kekeluargaan umat muslim di dunia.
Rukun yang ke empat yaitu PUASA, puasa wajib bagi umat muslim yaitu pada bulan Ramadhan, perlu kita ketahui ramadahan it berarti hari pembakaran makanya ketika seorang muslim melakukan puasa pada bulan ramadhan maka secara tidak langsung dia sedang membakar tubuhnya dari kerakusan, keegoisan, kemunafikan, kedustaan dan sipat buruk yang lainnya. Karena selain ibadah wajib yang apabila kita kerjakan kita akan mendapatkan pahala/ ganjaran, puasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, bagi kebutuhan rohaniah kita dan dengan puasa kita juga dilatih untuk menjadi manusia yang mampu bersosialisasi dengan baik dan dengan ahlak yang baik, karena hakikat dari puasa bukan hanya menahan makan dan minum saja, akan tetapi kita juga di tuntut untuk bisa menahan emosi kita, mengendalikan syahwat kita, dan mengontrol pikiran kita.
Dan rukun yang terakhir adalah IBADAH HAJI, ini lah ibadah yang paling di ambakan oleh seluruh umat muslim, pergi beribadah haji ke baitulloh mekah di arab Saudi. Kita akan napak tilas perjalanan perjuangan nabi Ibrahim dan nabi ismail dalam mempertahankan aqidahnya dan tetntunya kita juga akan lebih mengenal bagai mana sejarah agama islam yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW dimana kita langsung berada di tempat kejadian. Dengan beribadah haji, maka kita sudah menyepurnakan ke lima rukun islam kita. Akan tetapi, islam adalah agama yang rahmatan lilalamin, islam tidak mewajibkan rukun yang ke lima ini kepada seluruh umat muslim, akan tetapi islam hanya mewajibkan rukun kelima ini hanya untuk orang-orang yang sudah mampu untuk beribadah haji, baik mampu secara pisik, secara psikis dan tentunya secara materi, karena selain kita harus membiayai hidup kita selam di tanah suci, kita juga harus sanggup menafkahi keluarga yang kita tinggalkan selama kita beribadah haji.
Mungkin itulah sedikit tentang pengenalan agama islam. Agama islam adalah agama penyempurna dari agama-agama sebelumnya, agama islam bukanlah agama teroris seperti yang selalu di sebutkab oleh oknum-oknum pengecut yang tidak punya malu. Tapi agama islam adalah agama rahmatan lilalamin, rahmat bagi seluruh alam, bagi seluruh unsur kehidupan yang ada di alam semesta ini.

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa - Ticket Office
    Ticket Office. 광주광역 출장샵 651 N. Flamingo 군산 출장마사지 Way, Las Vegas, NV 부산광역 출장마사지 89109. Call 전라북도 출장마사지 702-369-2211. Delivery or Pick Up. Showtimes, Reviews, Photos, Contact Us. View all info. 당진 출장마사지

    BalasHapus